Tutorial Toko Online Blogspot


Blog yang beralamat di Blogspot.com dapat dikembangkan menjadi toko online. Tinggal sedikit dioprek, hasilnya cukup memuaskan.

Ada beberapa keuntungan menggunakan Blogspot untuk toko online.
  1. Kapasitas hostingnya tidak terbatas, bisa diisi sampai batas yang tidak ditentukan
  2. Hostingnya dimaintain oleh Google.Inc, perusahaan besar yang kualitasnya tidak dipertanyakan lagi sehingga tidak perlu cemas bila servernya down
  3. Blogspot dilindungi oleh Google sehingga relatif lebih aman dari gangguan hacker, cracker dan sebagainya
  4. Blogspot membebaskan penggunanya mengubahsuaikan HTML code nya sehingga bisa dicustomisasi sedemikian rupa. Ini berbeda dengan Wordpress.com yang meminta biaya tambahan jika melakukan customisasi
  5. Kita dapat merubah domain "domainanda.blogspot.com" menjadi www.domainanda.com (tentunya harus membeli nama domain)
Oke, berikut cara membuat Blogspot menjadi toko online. Jangan lupa sebelum mulai, intip dulu contohnya di blog toko online www.bocahbayi.com.



1. Membuat blog di blogspot.com
Bagian ini sudah cukup banyak dijelaskan di berbagai artikel. Bagi pembaca yang benar-benar awam, bisa googling di Google

2. Mengganti Template
Ada dua cara yang digunakan yakni (a). Menggunakan template blogger ecommerce seperi Blogger Store. (b). Menggunakan template gallery.

Jika menggunakan cara (a), anda tinggal mengupload file XMLnya ke blog dan selanjutnya memasukkan produk-produk melalui blog post. Namun kelemahan cara ini adalah ia hanya melayani pembayaran via Paypal yang masih jarang digunakan di Indonesia. Kesulitannya lagi adalah pembayaran via Paypal belum mendukung mata uang Rupiah.

Oleh karena itu, kita menggunakan model (b) yakni menggunakan template gallery. Contoh yang menggunakan template ini adalah di sini. Pertanyaannya dari mendapatkan template itu? Caranya mudah. Tinggal Googling "Free Blogger Template Gallery", kita akan dapat berbagai alternatif template yang semuanya gratis.

3. Menyiapkan metode komunikasi pemesanan
Jika menggunakan cara (a), kita tidak perlu bersusah payah lagi menyiapkan metode komunikasi. Namun jika menggunakan cara (b) maka perlu disiapkan model komunikasi.

Ada beberapa model komunikasi antara penjual dan pembeli :
  • Melalui form comment produk
  • Melalui halaman pemesanan yang berisi form. Form ini bisa dengan cara membuat satu page kosong yang dapat diisi komentar atau dapat juga menggunakan fasilitas form dari googledocs.
  • Melalui Email dengan cara menampilkan alamat email atau menggunakan fasilitas dari www.kontactr.com
  • Melalui YM, GTalk, BBM, dll
  • Melalui SMS, atau telepon

4. Menyiapkan rekening
Kita perlu menyiapkan rekening yang akan memudahkan lalu lintas pembayaran. Disarankan juga mengaktifkan fitur internet banking untuk memudahkan pengecekkan pembayaran.

5. Memperindah tampilan
Agar web kita menarik, perlu memperindah tampilan dengan aneka fitur. Tetapi harus dipertimbangkan juga untuk tidak terlalu banyak menggunakan fitur-fitur yang ada karena dapat membuat web kita jadi berat, loadingnya lama, sulit dibuka dengan cepat oleh pengunjung.

Hasilnya dapat dilihat di Toko Online saya. Click Here :)

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.